Sabtu, 07 Desember 2013

PENGERTIAN SIA

Dalam bidang keuangan, Kita tentu mengenal istilah transaksi keuangan. Jenis transaksi yang dilakukan pun bermacam-macam sehingga harus ada catatan jelas mengenai transaksi tersebut. salah satu cara untuk mencatat suatu transaksi keuangan dikenal dengan sebutan akuntansi.

Akuntansi merupakan kegiatan mencatat, memproses dan menghasilkan laporan tentang keuangan menurut sejumlah transaksi yang berlaku di sebuah instansi ini akan dibukukan di dalam sebuah buku besar atau jurnal untuk bahan pertimbangan bagi para pemegang kebijakan dalam keputusan.

Keputusan yang di ambil tersebut disesuaikan dengan laporan keuangan yang diberikan pada saat pembukuan berlangsung. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan suatu perkara keuangan, pihak pemegang kebijakan harus memiliki laporan keuangan yang jelas dan akurat terlebih dahulu. Untuk memperlancar proses pencatatan berbagai trnsaksi serta menghasilkan laporan yang benar, diperlukan adanya sistem informasi akuntansi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pembuatan catatan jurnal transaksi dibutuhkan sistem yang mampu berkoordinasi untuk menghasilkan berbagai informasi yang akurat mengenai jenis  transaksi yang sudah dilakukan oleh perusahaan.

Selain itu, semua elemen yang mendukung proses pembukuan disebut sistem karena merupakan gabungan dari beberapa hal yang memang wajib disatukan dan dipekerjakan secara bersama-sama untuk mendapatkan laporan keuangan yang tepat. Dengan kata lain, sistem informasi merupakan bahasa lain yang di butuhkan untuk mengomunikasikan dan menginterpretasikan berbagai jenis transaksi keuangan. Maka dari itu, proses pencatatan transaksi harus dilakukan dengan benar, secara terperinci dan mampu dipahami oleh pihak yang memeriksa laporan keuangan tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa SISTEM INFORMASI AKUNTANSI yaitu suatu komponen organisasi untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi keuangan dan pengambilan keputusan bagi perusahaan maupun luar perusahaan.

PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

SIA dalam sebuah organisasi memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai berikut ini.
1. Mengumpulkan dan menyimpan data mengenai aktivitas dan transaksi.
2. Mengolah data menjadi informasi yang bisa di pahami dalam proses pengambilan keputusan.
3. Melakukan pengawasan atau kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

SIA memiliki subsistem yang memproses berbagai transaksi keuangan dan nonkeuangan secara langsung mempengaruhi transaksi keuangan, yaitu:
1. Sistem pemrosesan transaksi.
2. Sistem buku besar atau pelaporan keuangan.
3. Sistem pelaporan managemen.

SIA memiliki karakteristik tersendiri yaitu
1. SIA melaksanakan tugas yang diperlukan.
2. Berpeganan pada prosedur yang relatif standar.
3. Menangani data lebih rinci
4. Berfokus historis
5. Menyediakan informasi pemecah minimal.

Berbagai transaksi nonkeuangan yang tidak dapat di proses dalam SIA, dapat diproses melalui Sistem informasi managemen. Berikut adalah perbedaan SIA dengan SIM.
1. SIA berfungsi untuk mengklasifikasi, memproses, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi keuangan.
2. SIM berfungsi untuk mengklasifikasi, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi.

MANFAAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Selain memiliki peranan penting dalam mengelola data keuangan, sistem informasi dalam bidang akuntansi juga memiliki manfaat yang berguna dalam berbagai proses pembukuan. Manfaat dari SIA yaitu
1. Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga bisa melakukan aktifitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
2. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produksi, baik barang maupun jasa yang dihasilkan.
3. Meningkatkan efisiensi.
4. Meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan
5. Meningkatkan sharing pengetahuan.
6. Menambah Efisiensi Kerja pada bagian keuangan.

SIA terdiri dari 2 komponen yaitu spesialis informasi dan akuntan. contohnya yaitu
1. Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk membuat produk baru dalam produksi perusahaan.
2. Bagian sistem informasi akuntansi memprediksikan biaya dan perkiraan pendapatan yang akan didapat dari produk baru tersebut.

Kedua bagian tersebut merundingkan hasil analisa yang kemudian dicari keputusan yang sesuai. Dari hasil ini, dapat diambil 2 aspek yang berkaitan dengan sistem bisnis modern yaitu
1. Pentingnya berkomunikasi antar departemen yang mengarah pada pencapaian suatu keputusan
2. peranan SIA dalam menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainnya  dalam mengambil keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar